Minggu, 11 September 2011

RESUME PSIBO - Q2 - PERTEMUAN 1

Apa Yang Dimaksud Dengan Berorientasi Object ?
Berorientasi object merupakan paradigma baru dalam rekayasa perangkat lunak yang memandang sistem sebagai kumpulan object-object diskrit yang saling berorientasi satu sama lain.


Software Engineering :
-
Modelling Activity : aktifitas memodelkan suatu masalah
-
Problem Solving Activity : mencari suatu solusi
-
Knowledge Acquisition Activity : sebagai penggalian knowledge
-
Rational Divine


Apa Itu Object ?
- Pada paradigma berorientasi object, setiap object mempunyai dua pengenal yaitu informasi tentang object itu dan perilaku yang mengaturnya.
-
Object memiliki 2 pengenal yaitu :
o
Data / perilaku yang mengaturnya
o
Informasi


Berorientasi Object
Cara pikir untuk membuat perangkat lunak, bukan algoritma yang diterapkan pada bahasa beorientasi object

Konsep Berorientasi Object :

1.
Abstraksi / Model

2. Pewarisan

3. Pengkapsulan, yaitu memisahkan aspek-aspek eksternal object yang dapat diakses object-object lain dari rincian implementasi object itu sendiri.

4. Pengiriman Pesan
- Object dalam sistem bekerjasama dengan cara mengirimkan pesan dari satu object ke object lainnya
-
Message parsing : object method memanggil method lain

5. Asosoasi : dapat diartikan " Is the friend of " dan sekaligus " is the co worker of "



6. Agregasi
- Bentuk yang lebih kuat dari asosiasi
-
“ Sebuah sistem terdiri dari … ”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar