Minggu, 11 September 2011

RESUME PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK - Q2 - PERTEMUAN 2

CREATING CLASS

Class merupakan cetak biru (blue print) dari objek atau dengan kata lain sebuah class menggambarkan ciri-ciri objek secara umum. Contoh Suzuki Smash, Y
amaha Vega R, Honda SupraFit, dan Kawasaki KazeR merupakan object dari class sepeda motor.Suzuki Smash dan object lainnya juga memiliki kesamaan atribut ( merk, tipe, berat, kapasitas bensin, tipe mesin, warna, harga) dan method untuk mengakses data pada atributnya ( misal fungsi untuk menginputkan data merk, tipe, berat, serta fungsi untuk mencetak data merk, tipe, berat, dsb ).


A. Constructor
Constructor adalah method yang secara otomatis dipanggil/dijalankan pada saat sebuah class diinstansi. Jika dalam sebuah class tidak terdapat constructor maka secara otomatis Java akan membuat sebuah default constructor. Nama constructor harus sama dengan nama class dan tidak boleh memliki tipe return value. Sama halnya dengan method, constructor dapat memliki satu atau banyak parameter maupun tanpa parameter.
Constructor biasanya digunakan untuk memberi nilai awal dari atribut class tersebut.
Contoh :



B. Multiple Constructor
Java tidak membatasi jumlah constructor dalam satu class, sehingga memungkinkan sebuah class memliki lebih dari satu constructor. Multiple Constructor adalah adanya lebih dari satu constuctor untuk sebuah class. Yang membedakan antara satu constructor dengan constructor lainnya adalah pada parameternya ( nama constructornya sama ).
Contoh :

C. Function Overloading
Overloading adalah diperbolehkannya dalam sebuah class memiliki lebih dari satu function yang serupa ( nama function-nya sama ) tetapi deklarasi-deklarasi parameternya berbeda.



Relasi antar Class

  1. Inheritance : merupakan proses pewarisan data dan method dari suatu class yang telah ada kepada suatu class baru. Class yang mewariskan disebut dengan superclass/ parent class/ base class, sedangkan class yang mewarisi ( class yang baru ) disebut dengan subclass/ child class/ derived class. Subclass tidak dapat mewarisi anggota private dari superclass-nya.
  2. Polymorphism : mempunyai makna sesuatu yang memilki banyak bentuk, yaitu memiliki nama sama, tetapi memilki kelakuan ( behaviour ) yang berbeda. Class Bentuk yang merupakan class induk ( superclass ) dari class Lingkaran, Ellips dan segitiga mempunyai method gambar() dan hapus(). Class-class anak (subclass) juga mempunyai method gambar() dan hapus().Meskipun keempat class tersebut mempunyai nama method yang sama, tetapi isi ( source code/yang dilakukan/output) dari masing-masing tersebut berbeda. Jika kita menginginkan sebuah objek yang dapat memanggil setiap method ( yaitu method gambar & hapus ) yang ada pada setiap class ( pada superclass maupun subclass ), maka gunakanlah teknik Polymorphism. Polymorphism hanya berlaku pada method dan tidak berlaku untuk atribut. Untuk mendapatkan operasi polymorphism dari suatu method, maka method tersebut haruslah merupakan method yang ada di class induk ( lihat diagram di atas bahwa method gambar () dan hapus (), selain terdapat di class-class turunan class Bentuk, juga terdapat di class bentuk).Method Overriding
  3. Method Overriding : adalah kemampuan dari subclass untuk memodifikasi method dari superclass-nya yaitu dengan cara menumpuk ( mendefinisikan kembali ) method superclas-nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar