Object-Oriented Programming (OOP) adalah sebuah pendekatan untuk pengembangan / development suatu software dimana dalam struktur software tersebut didasarkan kepada interaksi object dalam penyelesaian suatu proses / tugas.
- Program merupakan kumpulan obyek yang terdiri dari :
Ø Data (Field) :
- Identitas
- Informasi
Ø Operation (Method) :
- Perilaku
- Kemampuan
- Proses
- · Paradigma Dasar (Pilar-Pilar) Pemrograman Berorientasi Obyek :
a. Abstraction
Merupakan proses filtering untuk melakukan bagaimana membawa sesuatu dari kehidupan nyata (real world) menjadi model atau program
b. Encapsulation
Pengaturan dari data dan proses dari area public atau sering disebut information hidding.
c. Inheritance (Pewarisan)
Pewarisan dasar dapat diturunkan menjadi class yang lain.
Semua sifat induk diwariskan kepada sifat anaknya.
Ø Konsep Class Dan Object
- Class
Class merupakan cetak biru (blue print) dari objek atau dengan kata lain sebuah class menggambarkan ciri-ciri objek secara umum.
- Object
Object merupakan instant dari class.
Contoh : Toyota Avanza, Toyota Innova, Honda Jazz, Toyota Yaris dan Suzuki Swift merupakan objek dari class mobil.
Ø Access Modifier
1. Private : hanya diakses oleh kelas itu sendiri
2. Protected : termasuk private, akan tetapi bisa atau boleh diakses oleh turunannya.
3. Package : boleh diakses oleh class lain, asalkan dari class tersebut masih satu package.
4. Public : bisa diakses dari manapun atau class manapun.
d. Polymorphism
Polymorphism mempunyai makna sesuatu yang memiliki banyak bentuk yaitu memiliki nama sama, tetapi memliki kelakuan (behaviour) yang berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar